RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : MA MU'ALLIMIN KANDANGAN
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester :
X/2
Standar Kompetensi :
2. Menganalisa Peradaban Indonesia dan
Dunia
Kompetensi Dasar :
2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Indikator :
Menganalisa proses munculnya dan berkembangnya
kehidupan awal manusia dan masyarakat di
Kepulauan
Indonesia
berdasarkan sejarah perkembangan bumi
Alokasi Waktu :
1x45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·
Menganalisa
teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di
Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
Nilai Karakter Bangsa :
§ Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan).
B. Materi Pembelajaran
- Menganalisa teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi
Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
· Menganalisis proses munculnya kehidupan awal
manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
|
· Mendiskusikan dan menganalisis teori tentang
proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
|
· Siswa dapat Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
|
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi
guru mengajukan pertanyaan perkembangan bumi pada zaman es.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan
Indonesia (hal 109 - 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli
lingkungan, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Bersama-sama
melakukan diskusi kelompok mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia,
Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa
ingin tahu.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan:
menghargai prestasi, peduli lingkungan,
tanggung jawab.)
3.
Kegiatan
Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
·
Menarik
kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli
lingkungan, tanggung jawab.);
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -
- Buku sumber Sejarah SMA – (hal 108 – 112)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F.
Penilaian
- Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia, Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112).
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat :
……………………………………………………..
|
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
|
|||||||||||||||||
|
Penilaian kelompok
|
|||||||||||||||||||||
|
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
2
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Penilaian Individu Peserta didik
|
|||||||||||||||||||||
|
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
2.
|
Berani menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
Jumlah Nilai Individu
|
|
|
|||||||||||||||||||
Mengetahui, ............,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................