RPP SKI X MA MU'ALLIMIN KANDANGAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMA/MA.                               : MA MU'ALLIMIN KANDANGAN
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 2.  Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Indikator                                 : Menganalisa proses munculnya dan berkembangnya
                                                  kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan
  Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit


A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menganalisa teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
  Nilai Karakter Bangsa  : 
§   Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

B.     Materi Pembelajaran
  • Menganalisa teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia 
·     Mendiskusikan dan menganalisis teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
·     Siswa dapat Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan perkembangan bumi pada zaman es.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia (hal 109 - 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Bersama-sama melakukan diskusi kelompok mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia, Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
·         Menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -    
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 108 – 112)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia, Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112).

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal   : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



                                                                     
Mengetahui,                                                                            ............, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................