RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : MA MU'ALLIMIN KANDANGAN
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester :
X/1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar :
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator : Mendeskripsikan
pengertian sejarah berdasarkan asal usul
kata dan pandangan para tokoh
Alokasi Waktu :
1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata
- Mendeskripsikan sejarah dalam pandangan para tokoh
Nilai Karakter Bangsa :
§ Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan).
B. Materi Pembelajaran
·
Arti kata
sejarah berdasarkan asal usul kata
·
Sejarah dalam
pandangan para tokoh tentang
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya
jawab
Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
·
Memahami
Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
|
·
Buatlah
silsilah keluarga Anda, kemudian tulislah sejarah keluarga Anda dalam bentuk
karangan!
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan Pengertian dan
Ruang Lingkup Sejarah .
|
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi guru
membuka pembelajaran dengan menerapkan permainan “Aku Adalah” dengan menunjuk
siswa secara acak untuk menyebutkan nama dan asal usul keluarganya. Siswa yang
telah ditunjuk kemudian dipersilahkan menunjuk teman lain untuk melakukan hal
yang sama.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata dengan peta konsep (hal
3 – 4). ((nilai
yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja
keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan,
tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
mencari pengertian arti kata sejarah dan pandangan tokoh tentang sejarah dari
situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com,
www.google.com. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli
lingkungan, tanggung jawab.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai sejarah di buku teks (hal 4 – 7). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
·
Peserta didik
secara individu membuat pohon silsilah keluarga dan sejarah keluarga dalam
bentuk karangan (Aktivitas hal 7). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli
lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa
ingin tahu.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan:
menghargai prestasi, peduli lingkungan,
tanggung jawab.)
3. Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
·
Menarik
kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli
lingkungan, tanggung jawab.);
E.
Sumber
Belajar
·
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -
·
Buku sumber
Sejarah SMA – (hal 1 -26)
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Internet
F.
Penilaian
A.
Pembuatan
pohon silsilah keluarga dan karangan tentang sejarah keluarga (Aktivitas hal 7).
Format Penilaian Silsilah Keluarga
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
|
Ketepatan silsilah
|
|
|
|
|
Keakuratan nama-nama keluarga
|
|
|
|
|
Pemberian warna
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan garis dan tanda penghubung silsilah
|
|
|
|
|
Keterangan silsilah lengkap
|
|
|
|
|
Kerapian
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Format Penilaian Karangan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
|
Pengantar
|
|
|
|
Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian
|
|
Isi
|
|
|
|
Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil
karangan/penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian
|
|
Penutup
|
|
|
|
Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
|
|
Struktur/logika penulisan
|
|
|
|
Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
|
|
Orisinalitas karangan
|
|
|
|
Karangan/penelitian merupakan hasil sendiri
|
|
Penyajian, bahasan dan bahasa
|
|
|
|
Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian :
|
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
|
70-79
|
Baik
|
3
|
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ............,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................